Headlines News :
Home » , » Kuba Pasok Senjata untuk Korea Utara

Kuba Pasok Senjata untuk Korea Utara

Written By Unknown on Minggu, 21 Juli 2013 | 10.51

Para analis menyatakan bahwa pengiriman senjata di sebuah kapal Korea Utara yang dicegat oleh Panama kemungkinan besar merupakan pelanggaran atas embargo senjata PBB terhadap Pyongyang.
Kapal itu dicegat sewaktu berusaha melalui Terusan Panama setelah meninggalkan Kuba, karena dicurigai menyelundupkan narkoba. Alih-alih narkoba, pihak berwenang malah menemukan beberapa senjata yang disembunyikan di bawah muatan karung-karung gula merah.
Kuba menyebut barang-barang tersebut sebagai miliknya, tetapi tidak membesar-besarkan nilai strategisnya. Disebutkan bahwa persenjataan yang ditemukan antara lain beberapa misil, dua jet tempur MiG 21, dan peralatan militer era Soviet lainnya yang telah usang, yang dikirim ke Korea Utara untuk diperbaiki. Sementara itu Pyongyang menyebut barang-barang yang dikirim hanya persenjataan tua yang akan diperbaikinya seperti dilansir situs VOA.
Tetapi pengiriman senjata ke Korea Utara untuk diperbaiki, bukannya penjualan, kemungkinan juga melanggar sanksi-sanksi PBB. Ben Habib, analis Korea di Universitas Latrobe, Australia, mengatakan perbaikan tersebut mungkin ada imbal baliknya dan ini dapat dianggap sebagai perdagangan. Menurutnya, hal itu melanggar sanksi terhadap Korea Utara.
Sumber : republika
Share this post :
thumbnail Title: Kuba Pasok Senjata untuk Korea Utara
Posted by:Unknown
Published :2013-07-21T10:51:00-07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 374 Reviews
Kuba Pasok Senjata untuk Korea Utara
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Media Militer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger