Headlines News :
Home » » Bandara Polonia Menjadi Lanud TNI AU

Bandara Polonia Menjadi Lanud TNI AU

Written By Unknown on Jumat, 26 Juli 2013 | 00.42

TNI Angkatan Udara dan PT. Angkasa Pura II (Persero) melaksanakan penandatanganan berita acara  tentang pinjam pakai aset milik PT. Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Polonia Medan.  Pada acara tersebut, TNI AU diwakili oleh Kadisfaskonau Marsma TNI Mukhtar Lutfi dan pihak PT. Angkasa Pura (Persero) diwakili oleh Laurensius Manurung.di Hotel Sultan Jakarta, belum lama ini.
Pihak Angkasa Pura menyerahkan pinjam pakai kepada TNI AU atas aset/aktiva tetap berupa tanah di ujung runway, bangunan lapangan, bangunan gedung, alat bantu navigasi, alat-alat pengangkutan, alat-alat kantor, instalasi dan jaringan, peralatan terminal dan gedung, peralatan perbengkelan, dan aktiva tetap lainnya.
Awalnya lokasi di Bandara Polonia merupakan lapangan pacuan kuda yang dimiliki pengusaha asal Polandia, Baron Michalsky. Ia mendapatkan konsesi tanah untuk kebun tembakau di Sumatera Timur dari pemerintah kolonial Hindia Belanda pada 1872, dan menamainya Polonia.
Pada 1879, tanah konsesi ini berpindah ke perusahaan perkebunan Deli Maatschappij. Deli Maatschappij kemudian menyediakan lahan untuk landasan saat ada kabar akan ada penerbangan pesawat Fokker ke Hindia Belanda oleh pionir penerbangan berkebangsaan Belanda, Van der Hoop. Van der Hoop mendaratkan Fokker ke lapangan itu pada 1924.
Baru pada 1928, lapangan terbang Polonia resmi dibuka untuk didarati pesawat milik Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij, anak perusahaan Koninklijke Luchtvaart Maatschappij. Saat perang kemerdekaan, bandara dikuasai Belanda, Inggris, dan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, bandara dikelola oleh AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia).
Penerbangan komersial dimulai pada 1975 setelah kerja sama pengelolaan bandara oleh Departemen Pertahanan dan Keamanan, Departemen Keuangan, dan Departemen Perhubungan ditandatangani. Maka sejak saat itu Bandara Polonia menjadi “enclave civil” di dalam lingkup Lanud Medan. Pada 1985-1994, bandara dikelola Perum Angkasa Pura I. Sejak 1994, bandara dikelola PT Angkasa Pura II hingga kemudian pindah ke Kualanamu pada tanggal 25 Juli 2013.
Rencananya, sesuai dengan postur TNI AU dalam Minimum Essential Force, TNI AU akan melaksanakan penggelaran pesawat dan personel di Medan berupa pembentukan satu wing Paskhas TNI AU yang semula setingkat kompi berdiri sendiri, dikembangkan menjadi  Batalyon, satu Pusdiklat, dan satu satuan khusus Bravo.
Selain itu untuk mendukung operasi pengamanan udara khususnya di  Perairan Selat Malaka, maka pangkalan ini akan dilengkapi satu Skadron Udara Intai Taktis dengan jenis pesawat CN-235 MPA (Maritime Patrol Aircraft).
Sumber : Poskotanews
Share this post :
thumbnail Title: Bandara Polonia Menjadi Lanud TNI AU
Posted by:Unknown
Published :2013-07-26T00:42:00-07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 374 Reviews
Bandara Polonia Menjadi Lanud TNI AU
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Media Militer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger